Mengenal Rumah Adat Suku Sasak Lombok

Rumah adat suku sasak ini saat ini masih bisa anda temui di beberapa perkampungan di lombok barat yaitu desa sade. keunikan rumah suku sasak ini berbeda dari yang lain. seiring perkembangan zama, rumah adat suku sasak ini mulai banyak ditinggalakan dan beralih ke rumah batu yang lumrah digunakan. akan tetapi ada suatu desa yang memang sengaja dibiarkan sebagai penarik objek wisata yaitu desa sade, disini anda bisa menemukan rumah adat suku sasak yang masih sangat kental

Salah satu contoh tradisi yang selalu di jaga oleh suku Sasak adalah rumah tradisional mereka.
Rumah adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup manusia, dimana tempat berlindung baik secara individu atau dengan keluarganya dan selain itu juga sebagai tempat pengamalan amalan spiritual secara mendasar di mulai dari rumah.

Bila kita lihat secara seksama rumah adat / rumah tradisonal suatu daerah maka kita akan menemukan bahwasannya rumah adat dibangun berdasarkan nilai estetika dan local wisdom masyarakat daerah tersebut, seperti halnya rumah tradisional suku Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Orang Sasak mengenal beberapa jenis bangunan adat yang dijadikan sebagai tempat tinggal dan juga tempat penyelenggaraan ritual adat dan ritual keagamaan.

Atap rumah Sasak terbuat dari jerami dan berdinding anyaman bambu (bedek). Lantainya dibuat dari tanah liat yang dicampur dengan kotoran kerbau dan abu jerami. Campuran tanah liat dan kotoran kerbau membuat lantai tanah mengeras, sekeras semen. Pengetahuan membuat lantai dengan cara tersebut diwarisi dari nenek moyang mereka.
Rumah adat suku sasak

Seluruh bahan bangunan (seperti kayu dan bambu) untuk membuat rumah adat Sasak didapatkan dari lingkungan atau alam sekitar mereka, bahkan untuk menyambung bagian-bagian kayu tersebut, mereka menggunakan paku yang terbuat dari bambu.  Rumah adat suku Sasak hanya memiliki satu pintu berukuran sempit dan rendah, dan tidak memiliki jendela.
1 Komentar untuk "Mengenal Rumah Adat Suku Sasak Lombok"

sasak ethnic
https://www.youtube.com/channel/UCjeW66Hoy7DKmTr30CvWl_Q

 
Copyright © 2014 Lombok Daily Tour - All Rights Reserved
Costum By Mataram Web